Oleh-oleh dari Cijantung (2)

Botak itu seksi, botak itu maskulin, Botak itu tanda orang stres, botak itu menyilaukan men…apapun arti botak minumnya tetep teh botol cap orang tua. Di kalangan mahasiswa botak itu identik dengan maba (mahasiswa baru). Betul begitu?Ternyata tidak selamanya botak itu milik maba saja sodara2ku. Fakta ini terbantahkan di kampus ane nih. Perhelatan besar bertajuk ‘Capacity Building’ (udah ane jelasin di soptingan sebelumnya) mematahkan semua teori bahwa botak itu identik dengan maba. Rambut 1 cm dengan muka unyu jadi syarat wajib ikut kegiatan yang notabene diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat akhir kayak ane nih. Banyak yang protes, banyak keluhan, rasa was-was, khawatir tingkat ketampanan mereka akan tereduksi atau bahkan punah akibat seleksi alam. Tidak mudah membuat orang menjadi tampan karena yang bisa melakukannya hanyalah Allah swt Yang Maha Kuasa. Yang harus dilakukan adalah mensyukuri segala yang diberi olehNya, yang diberi muka agak mendingan ya syukur alhamdulilah, yang dapet muka yang kurang  ya… sukurin lu, eh disyukuri maksudnya dan lagu “syukur” ciptaan H. Mutahar harus banyak2 dinyanyikan dan dihayati. hehehe

Keberangkatan para mahasiswa botak ini ke makopassus akhirnya disambut tangis haru para calon pendamping hidup bagi mereka yang punya. Bagi yang belum punya bersabarlah, pasti ada jalan terang kelak.

“Semoga pas pulang nanti kangmas dah gondrong lagi”
“Ya kali … seminggu bisa gondrong. It’s impossible…..”

Dengan menaiki truk milik kopassus dengan provost sebagai pengiringnya berasa seperti presiden yang lewat. Suara sirine bersaut-sautan. Semua kendaraan termasuk metromini yang ada di depan dengan rasa hormat mempersilahkan kami untuk lewat. Wah bener2 bangga tak terkira. Puluhan truk kopassus ini membawa pasukan botak ini ke makopassus di cijantung (lihat soptingan sebelumnya) lengkap dengan pakaian putih hitamnya. Udah kayak kotoran cicak aja ini. haha

Setibanya di makopassus, kami bergegas turun dari kendaraan. Semua barang bawaan diturunkan dari truk. Tas ransel lah, koperlah, tas jinjinglah dan segala macam tas2an diturunkan dan harus dibawa masing2 pemiliknya. Selanjutnya kami harus jalan sekitar 500 m dari gerbang makopassus ke tempat latihan. Kami disambut dengan pertunjukkan drum band dari kopassus lho…

Sambil mengikuti irama drum band, terdengarlah suara lantang dari belakang, “woyyy…tasnya jangan diseret ini bukan bandara!!!”

sebenernya pengen ketawa tapi ane tahan. Iya juga sih ini bukan bandara. Lagian lucu juga ngliat temen2 bawa barang segitu banyaknya kayak mau kemana aja.hehe

Penyambutan di makopassus

Apel sore di gelar setelah sampai di lokasi. Saat itu dibacakanlah segala peraturan yang berlaku selama kegiatan CB ini. Selanjutnya pasukan botak nan unyu dibagi kompi per kompi serta peleton. Ditunjuklah para komandan kompi dan peleton dari masing2 pasukan dengan mengete suara teriakan terlebih dahulu. SIAAAAP GRAAKKKK….!!!!!

Setelah apel sore selesai, kami dituntun menuju asrama tempat kita istirahat selama satu minggu nantinya. Tempat itu disebut barak (a tidak sm dg e). Barak tempat kita menginap ada empat lantai, dan ane kebagian lantai 4. perasaan ane tidak enak….Seperti yang sudah kami terima dari temen2 dari gelombang I kami disambut dengan kesederhanaan. Bukan kasur, bukan ranjang nan empuk, ataupun springbed, melainkan Velbed. saatnya bilang WOW bray!!!

eh, tau nggak velbed itu apaan?jangan asal WOW aja bray…

Ane kasih tau nih, velbed itu sejenis tempat tidur yang dipakai oleh tentara di asrama sana. Bentuknya mirip tandu yang sering buat bawa orang cedera atau luka-luka tapi dengan sedikit modifikasi di bagian kaki atau penyangganya. jelas ini???kalo ga jelas buat PR aja ya. Kumpulkan minggu depan via email paling lambat jam 23:59 oke2…

Ini kondisi barak waktu malam tiba. Semua terlelap di atas velbed nan empuk…. 😀

Kegiatan CB ini memang sangat penting lho…kenapa kenapa kenapa???

Selama mengikuti kegiatan ini, sangat ditekankan apa yang disebut dengan jiwa korsa. apaan tuh kakak?korsa itu merupaka suatu rasa kebersamaan yang harus terjalin satu dengan yang lain. Kerjasama antar individu menjadi poin utama.  Jika ada seseorang sedang susah yang lain harus ikut simpati dan merasakan kesusahan itu. Begitu pula sebaliknya jika satu orang senang maka yang lain harus ikut senang. Jadi susah dan senang ditanggung bersama-sama.

Yang satu makan yang lain harus kebagian. Yang satu mandi, yang lain harus mandi juga.hehe. Ada yang dihukum guling2 di tanah semua harus guling2 juga. Jalan jongkok, Push up, sit up, pull up, top up, close up, sign up #eh semuanya dilakukan bersama-sama.

Di samping itu, kedisiplinan juga menjadi hal yang wajib ditanamkan sejak dini. Semua harus teratur sesuai dengan jadwal aktivitas setiap hari. Bangun jam 4 pagi, mandi, ibadah, senam pagi, makan, semuanya harus dilakukan tepat waktu. Ini tentunya berkaitan dengan kondisi di dunia kerja nanti. Pekerjaan harus diselesaikan dengan baik dan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah diberikan. setuju…???

Jiwa untuk memimpin dan dipimpin adalah hal lain yang didapat dari kegiatan ini. Seorang pemimpin harus bertanggung jawab terhadap anggotanya. Segala sesuatu yang terjadi pada anggotanya, pemimpin harus mengetahui dan peduli serta siap untuk bertanggung jawab. Pemimpin harus memberi teladan kepada anggotanya baik dalam bentuk ucapan maupun perbuatan. Ketegasan seorang pemimpin akan sangat diperlukan terutama dalam membuat keputusan yang menyangkut kepentingan orang yang dipimpin. Sebaliknya, orang yang dipimpin harus menghargai pemimpinnya. Tidak ada sifat acuh tak acuh maupun apatis.

Sebenernya masih pengen nulis tentang CB ini tapi kalo diceritakan mungkin sampe berminggu-minggu…hehe. Masih banyak lagi yang menarik sebetulnya. Ane cukupin sampe disini aja ya semoga bermanfaat…

Salam komando!!!!

Ane share beberapa fotonya aja nih bray…

Advertisements

3 thoughts on “Oleh-oleh dari Cijantung (2)

Komentar mereka

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s