Kaltara Bukan dan Jangan Kalut

kalimantanHay sob jumpa lagi sama ane nih. Jangan bosen2 ya. hehe. Pada soptingan kali ini ane mau berbagi sedikit informasi. Lumayan buat menambah perbendaharaan wawasan kita. Soptingan ini dibuat sebagai  buah dari rasa penasaran ane sama pertanyaan yang ada di salah satu acara TV. Pertanyaannya kayak jaman sekolah dulu bray: Ada berapa provinsi yang ada di pulau Kalimantan sekarang?

“Masa gak tau sih sob. ada 4 lah”
– Jangan sok tau ah…apaan aja tuh?
“Yah…Pake ditanya lagi. kalbar, kaltim, kalteng, kasela …eh kalsel
-Maaf anda kurang beruntung, coba lagi. hehe.
Ada 5 provinsi sekarang. Makannya jangan K-pop mulu yang ditonton, Warta berita boleh lah ditonton biar up to date wawasan kita. Jangan status sama tuwit aja yang di update.

Memang belum banyak yang tau akan adanya provinsi baru di pulau Kalimantan. Kalau gak tau jangan malu-malu bertanya kepada yang lebih tau. Yang sudah tau jangan sungkan2 untuk memberitahu mereka yang belum tau supaya kita sama-sama tau. Berbagi pengetahuan itu enak tauk lebih enak dari tahu buatan tukang  gorengan. Kalo ga ngasih tau ati2 lho tau-tau entar kehabisan tahu. Wah padahal tahu kan enak ya. Beneran lho, tahu itu bisa dibikin macem2 tauk…ada tahu bacem, tahu gejrot, tahu susur, tahu gimbal, tahu bakso dan segala macam jenis pertahuan yang laen. Pokoknya mantep dah tahu itu…Hidup Tahu..!!! 😀

Seperti yang sudah disebutkan di atas di pulau Kalimantan ada 5 provinsi yang berada di wilayah NKRI. Kelima provinsi itu adalah Kalbar, Kaltim, Kalteng, Kalsel, dan yang baru adalah Kaltara. Tau gak Kaltara itu apa? iya, betul sekali sodara2. Kaltara singkatan dari Kalimantan Utara. Jadi, Sampai tulisan ini ane posting kaltara adalah provinsi ke 34 di Indonesia

“kenapa ga kalut aja?biar sama kayak di pulau lain gitu, sulut, sumut
– Kalau kalut ntar dikira hatimu dong bray. Kebiasaanmu juga suka kalut kan, kalah-kalah utang. haha

Sodara2 sekalian, telah kita ketahui bersama bahwa Indonesia telah menerapkan yang namanya otonomi daerah. Lahirnya otonomi daerah memberi keleluasaan kepada daerah  untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat dan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hal ini sesuai dengan yang diamanatkan dalam UUD 1945. Ini yang membuat ada dua pemerintah di Indonesia yaitu pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Wuiiihhh bisa juga ngomong ginian.hehe

Provinsi Kalimantan Utara mulai berdiri 25 Oktober 2012 kemarin nih sob. Pembentukan Provinsi Kalimantan Utara ini sesuai sama apa yang telah tercantum dalam  Pasal 3 UU No.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah tuh sob. bunyinya ngiiiiiiinnnngggggggggg 😀

ane kutipin nih sob :

Pembentukan daerah dapat berupa penggabungan beberapa daerah atau bagian daerah yang bersandingan atau pemekaran dari satu daerah menjadi dua daerah atau lebih.

Kaltara ini merupakan pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur bray. Iya Kaltim, yang ibukotanya di Samarinda itu lho. Tentunya ada sebab musabab dimekarkannya kaltim ini. Bukan supaya jadi wangi bray, kayak bunga mekar. Ntar enakan kamu dong nggak usah beli bunga buat si doi. Sekarang jarang ada yang gratis bray, buang air aja bayar kecuali sekolahan ane tuh bray, gretongan. hehe

Kalimantan Timurkaltim

Ada beberapa tujuan dilakukannya pemekaran provinsi kaltim. Dekatnya  wilayah kaltim sebelah utara dengan negara tetangga digadang-gadang jadi faktor utama dilakukannya pemekaran daerah ntuh. Masyarakat di wilayah perbatasan lebih memiliki kedekatan baik geografis, sosial maupun ekonomi. Sebagian besar dari mereka tentu saja memilih bekerja di Malaysia dengan gaji yang lumayan. Mereka cenderung lebih bergantung pada negara tetangga daripada negara kita sendiri. Miris gan…!!!

Selain itu, luasnya wilayah kalimantan timur merupakan kendala utama dalam melakukan pengawasan terhadap kehidupan masyarakatnya baik dari segi politik,ekonomi, sosial maupun budaya bahkan dapat membahayakan pertahanan dan keamanan. Tau kan sob sejarah pait sama negara tetangga yang satu itu. Masih ingetkan waktu pulau Sipadan dan Ligitan diambil Malaysia tahun 2002 silam. Ini memang peristiwa traumatik gan. Belum lagi kebudayaan yang diklaim begitu saja oleh Malaysia. Daerah perbatasan memang sangat rawan ‘pencaplokan’ oleh negara tetangga, kalau nggak dilindungi dan diawasi bisa gaswaaaat bray. Nah, buat ngurangin risiko-risiko itu dibentuklah provinsi baru bermana kaltara ntu tuh.

kalutKau tengoklah gambar di samping itu. Kalimantan Utara terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten yaitu Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Berau, Nunukan, dan Malinau. Kelima wilayah administrasi itu tadinya ikut sama provinsi kaltim tuh bray. Tau gak ibukota provinsi kaltara?

betul,betul,betul. Ibukotanya ada di Tanjung Selor. Ini sudah diusulkan sebelum terbentuknya provinsi ini.

Pembentukan provinsi baru ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang ada sebenarnya. Bukan sekedar ‘formalitas’ belaka. Mudah2an pembentukan kaltara ini bukan kepentingan politis belaka melainkan memang kebutuhan di daerah yang bersangkutan. Penganggaran dari struktur pemerintah provinsi yang telah dibentuk tentunya harus dilakukan baik-baik yah. Apalagi anggaran bagi hasil yang akan diterima setiap kabupaten akan berkurang karena memisahkan diri. Dengan pengendalian dan pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah pusat, program-program diharapkan berjalan dengan efektif dan efisien. Pembangunan infrastruktur harus dimulai dari nol karena ini merupakan daerah baru dengan pemerintahan baru.

Permulaan yang baik akan menentukan bagaimana nanti berjalannya pemerintahan dan kehidupan masyarakatnya, betul tidak?Persaingan dengan daerah lain yang sudah dilengkapi dengan infrastruktur merupakan tantangan bagi pemerintah daerah kaltara. Memang tak mudah membangun daerah dengan minimnya infrastruktur dan anggaran. Tak semudah membalikkan telapak tangan. Juga tak semudah menyalin contekan tugas kuliah. hehe. Banyaknya tantangan yang diselesaikan semoga tidak membuat pemerintah daerah kaltara mengalami kekalutan dan kegalauan. Kalo pemerintahnya kalut gimana rakyatnya ya bray. Pemerintah kalut, rakyat cemberut, gak ada belut, makan rumput ,sakin perut…bisa gaswaaaat ini!!! 😀

Namun yang terpenting walaupun jumlah provinsi di Indonesia sudah banyak dan bakalan semakin banyak, persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap dijaga. Sebagai generasi penerus sekaligus pelurus, kita harus tau mana yang perlu atau tidak perlu dilakukan untuk tanah air tercinta. Negara Kesatuan Republik Indonesia kita jaga bersama!!! 😀

Advertisements

2 thoughts on “Kaltara Bukan dan Jangan Kalut

Komentar mereka

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s