Knalpotmu Derita Sekitarmu yang Terpendam

Rintik hujan di akhir Desember menjadi sebuah anugerah seiring berakhirnya tahun 2012. Tahun yang penuh dengan sensasi. Momen-momen yang menyita ruang penyimpanan di otak telah terjadi. Berbagai peristiwa indah penuh hikmah sampai kejadian unik yang asik mewarnai tahun itu. Pantas untuk menyebut sebuah peristiwa sebagai guru karena dibalik indah atau kejamnya sebuah peristiwa terdapat sebuah pengajaran yang baik untuk kita. Sebuah pelajaran yang akan menjadikan kita menjadi manusia yang lebih baik di sisiNya.

Bergantinya suatu angka tahun sudah berkali-kali terjadi. Tahun yang satu secara berurutan berganti ke tahun berikutnya. Suatu deretan angka yang telah kita pelajari sejak SD dahulu. Kombinasi angka dari 0 sampai 9 yang tersusun secara berurutan. Angka yang berganti setiap 365 hari sekali. Sekarang terjadi kembali. Ya, momen pergantian tahun dari 2012 ke 2013.

Pergantian tahun memang momen yang sangat ditunggu banyak orang. Berbagai persiapan dilakukan menyambut malam pergantian tahun. Ini dilakukan sekali dalam setahun. Ya eyalah bray setahun sekali, namanya juga pergantian tahun. Kalau seratus tahun sekali itu pergantian abad bray. Kalau sebulan sekali namanya pergantian isi ATM. Gajian kamsudnya, hehe. Kalau tiga kali sehari setelah makan beda lagi tuh. Minum obat namanya tuh, hahaha :D. Kalau cuma sekali seumur hidup itu lain lagi, mencintai si doi bray, itikiwirrrrr…eeeaaa 😀

Di saat semua orang mempersiapkan segalanya untuk menyambut pergantian tahun, ane melakukan hal yang lain. Ane memang tidak terlalu merayakan pergantian tahun dengan sesuatu yang membuat the power of “trus gue harus bilang wow” muncul. Ane saat itu sedang lembur di kantor. Bukan di kantor polisi atau kantor urusan agama lho. Ane lagi ada di kantor pemda sebelum malam tahun baru itu.

Ane saat itu sedang membantu pemda yang lagi lembur akhir tahun. Kebiasaan para deadliner memang membuat pemda yang kekurangan SDM itu mau tak mau harus mengundang bala bantuan. Dipanggillah dua orang rupawan nan energik yang salah satunya adalah ane. Siang hari menjelang malam tahun baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ane di-soksibuk-kan dengan tumpukkan dokumen pencairan dana semenjak matahari terbit dari ufuk timur hari itu.

Singkat cerita sebelum bendera kuning berkibar, ane memutuskan untuk mengakhiri semuanya setelah seharian ane pendam. Tunggu…jangan sekarang!!!banyak orang yang masih menyayangimu sob. Tenang-tenang ane bukan mau bunuh diri, hehe. Ane mengakhiri pekerjaan di hari itu karena memang sudah tidak ada yang harus dikerjakan lagi. Akhirnya selesai juga…saatnya berkemas.

Ane dan sohib ane memutuskan untuk pulang menerobos rintik hujan yang berbunyi tik-tik-tik di atas genteng. Airnya turun tidak terkira. Cobalah tengok dahan dan ranting. Pohon dan kebun basah semua.hore…hore…ye… 😀

Keramaian yang ada di luar sana sepertinya akan mengganggu rencana ane untuk pulang. Seperti biasa, ada rencana cadangan dibalik sebuah rencana. Suasana malam tahun baru memang sangat menggoda iman. Akhirnya sebelum pulang ane memutuskan untuk jalan-jalan sebentar menengok sekilas keramaian itu.

Belum afdhol kalau belum mengitari alun-alun kota yang ikhlas itu. Hampir separuh badan jalan di penuhi oleh para pedagang yang menjajakan berbagai macam barang dagangannya. Memang ini adalah saat yang tepat untuk meraup keuntungan bagi mereka. Rejeki yang didapat hanya sekali dalam setahun.

Pemandangan yang ada ketika itu sangat menyita perhatian. Hampir semua orang keluar dari sarangnya dan menuju ke satu titik. Ibarat semut yang mencium keberadaan gula. Berbagai macam bentuk orang ada di jalan waktu itu. Ada yang kalem ada juga yang pecicilan. Ada yang bening ada juga yang butek maksimal. Ada yang normal ada juga yang alay optimal. Apapun bentuknya, yang penting Bhineka Tunggal Ika tetap dijaga.

Diantara sekian banyak gaya orang, ada satu yang paling menyita perhatian. Sebuah motor butut yang dinaiki oleh dua orang pemuda. Yang satu menyetir yang satu membonceng. Ya kaleeee mbonceng semua. Gila lu ndro… Ini bukan pesawat yang pake autopilot. Bukan juga belalang tempurnya satria baja hitam yang bisa jalan sendiri bray.

Yang membuatnya jadi pusat perhatian bukanlah wajahnya yang rupawan atau senyumnya yang menawan. Bunyi bising dari motornya itu yang membuat mereka dilihat banyak orang. Bunyi yang jauh lebih nyaring dibanding bunyi tong kosong. Bunyi yang tidak lebih nyaman dari suara sumbang ane. Usut punya usut bunyi itu berasal dari sumber suara yang ada di bagian knalpotnya.Padahal knalpotnya tidak memakai microphone atau TOA tapi bunyinya bisa sekeras itu. Heran ane…

Ane tidak tahu apa yang mereka rasakan ketika melakukan perbuatan itu. Apakah puas atau malah gemas. Yang jelas bunyi dari knalpotnya itu begitu menyiksa ane dan orang-orang yang mendengarnya. Memang selagi masih muda harus banyak bereksperimen, tetapi bukan berarti harus mengorbankan kenyamanan orang lain. Mungkin mereka ingin diperhatikan. Mungkin juga ingin diakui keberadannya di dunia. Tetapi lama-lama mereka bisa dibina kalau ini terus terjadi. ya dibinasakan…hehe

Aneh juga melihat kelakuan para ABG itu. Motor susah-susah dirancang oleh tenaga profesional dari pabrikan sedemikian rupa demi kenyamanan penggunanya eh malah di utak-atik tidak jelas. Masih mending kalau hasilnya lebih bagus nah ini boro-boro bagus gajah yang kupingnya besarpun ane rasa tak sudi mendengar suara motornya. Pohon-pohon di pingggir jalan jika punya mulut pun akan teriak mendengarnya.

Memperlakukan motor itu ibarat memperlakukan tubuh kita sendiri. Gas yang dibuang melalui knalpot seperti kentut yang keluar dari tubuh kita. Memang jika gas itu tidak dibuang bisa berbahaya bagi tubuh. Tapi buanglah gas pada saat dan tempat yang tepat. Bayangkan jika anda ketahuan kentut di depan banyak orang yang belum anda kenal dengan suara yang begitu nyaring. Selama urat malu anda belum putus, betapa malunya anda di depan orang-orang tersebut. Sudah mengeluarkan bau tak sedap ditambah lagi dengan suara yang begitu membuat ilfil. Sama halnya dengan memakai motor. Gas buang sisa pembakaran yang keluar dari knalpot motor anda dapat menimbulkan pencemaran udara. Ditambah lagi dengan suara bising dari knalpot motor anda yang sangat mengganggu kenyamanan orang-orang di sekitar anda. Lengkap sudah penderitaan ini… 😦

Ane rasa sangat mangkel dan dongkol orang-orang yang melihat kelakuan anak muda itu. Kalau negara ini bukan negara hukum, bisa dihabisi pemuda-pemuda macam itu. Namun ane dan orang-orang yang melihat kelakuan mereka hanya bisa berdoa semoga tuhan memberikan hidayah kepada mereka. Secepatnya diberi kesadaran dan segera insyaf dari perbuatan itu. Tobatlah sebelum terlambat!

Menyambut tahun baru boleh-boleh saja bray tapi janganlah terlalu berlebihan seperti itu. Kebahagiaanmu tidak selalu menjadi kebahagiaan orang lain. Sangat disayangkan ketika kebahagiaan kita didapat dengan merenggut kebahagiaan banyak orang. Ane rasa kebahagiaan seseorang tidak bersumber dari kesedihan orang lain. Sesuatu yang kamu buang-buang begitu saja bisa jadi sangat dibutuhkan oleh orang lain. Daripada membuangnya lebih baik di berikan kepada orang yang lebih membutuhkannya.

Berkendaralah sesuai aturan yang berlaku!!! Selamat menjalani tahun 2013!!! Semoga menjadi tahun yang gemilang 😀
sekian.

Komentar mereka

