LDR : Sabar Permanen Lintas Batas

Dinda apa kabar kau di sana
Lelahkah menunggu berkelana
Lelahkah menunggu kau di sana
Sayang aku kan segera pulang
Tunggu aku dengan senyuman itu
Tunggu aku dengan senyumanmu itu
Bila waktu itu telah tiba
Coba kenakanlah mahkota itu
Coba kenakanlah mahkota itu

Masih banyak yang harusku cari
Tuk’ bahagiakan hidupmu nanti
Bisa bertahankah kau disana
Bisa bertahankah sayang…
Coba bertahanlah kau disana
Coba bertahanlah sayang…
Sebuah lagu kenangan dan kemenangan buat ane nih. Betapa tidak? lagu inilah yang mengantarkan ane menjadi salah seorang yang termasuk dalam jajaran pria dengan suara emas berkadar 24 karat. Lagu ini memang pas dengan tipe suara ane waktu SMA dulu. Masa-masa itu memang sangat indah untuk dikenang. Iya, sebelum semua terkikis oleh waktu. Sebelum seleksi alam datang dengan begitu garang. Dan yang tersisa sekarang tinggallah seraut wajah yang nampak begitu menawan dengan suara yang agak berubah. Tak sejernih saat mencapai kejayaan dulu.

Anda boleh skip paragraf di atas. Sebenarnya ada apa di balik lagu ini sih bray sampe rela bikin tulisan macam ini?FYI: lagu ini diciptakan oleh Erros Sheila on 7 dan dirilis tahun 2005 dalam album The Very Best of Sheila On 7. Dari liriknya sudah ketahuan, lagu ini cocok untuk anda yang sedang dalam LDR. Sebuah lagu yang sangat mewakili kaum LDR di seluruh penjuru dunia. Tau LDR kan?yang lagi ngetren itu lho. Long Distance Relationship kepanjangannya atau kalau di Indonesia-kan jadi hubungan jarak jauh. Hubungan yang bijimane tuh pak?

Hubungan dalam istilah LDR ini umumnya mengacu pada hubungan emosional yang terjalin antara seseorang dengan pujaan hatinya. Unsur-unsur yang menyusun LDR yang ane kamsud di sini diantaranya ada laki-laki, ada perempuan, ada dua tempat yang terpisah relatif jauh, dan yang terpenting ada cinta hasseeeeek ๐Ÿ˜€

LDR sangat mungkin terjadi di berbagai kalangan, misalnya mahasiswa, pengangguran, ataupun anda yang sudah bekerja sekalipun. Anda yang sedang berstatus sebagai mahasiswa memang sangat rentan dengan yang namanya cinta. Perasaan itu bisa saja terjalin sejak SMA, SMP, atau bahkan SD. Namun apa yang akan anda perbuat jika kenyataan menghendaki bahwa anda harus terpisah dengan orang yang anda cintai. Si cowok kuliah di sini tapi si cewek kuliah di tempat lain yang jauh di sana. Sedangkan di luar sana banyak yang mengancam status anda itu.

Perlu adanya suatu jaminan yang harus diberikan untuk meyakinkan suatu hubungan. Bukan sekedar cinta, tetapi jaminan akan adanya kebahagiaan dan kemakmuran hidup kelak. Yang lagi kuliah, kuliahlah dengan baik dan benar karena itu modal berharga untuk masa depan. Yang sudah bekerja, bekerjalah dengan sungguh-sungguh. Yang pengangguran yakinkanlah si doi bahwa pengangguran itu tak kekal karena yang Maha Kekal hanya Allah swt. Jaminan ini, setidaknya akan menjadi benteng pelindung bagi anda dariย  makhluk-makhluk yang menebar ancaman bagi kelanjutan hubungan itu.

Kesinambungan interaksi tentunya harus terjalin dengan sangat kuat. Ini semata-mata dilakukan untuk menjaga agar perasaan itu tak luntur seiring berjalannya waktu. Apalagi sekarang dunia seperti tanpa jarak bray. Kecanggihan teknologi telah membantu kita terhubung dengan dengan seseorang di tempat yang jauh sekali pun, ya asal bukan di alam lain aja ya karena itu memerlukan kemampuan khusus yang tak bisa dipelajari semua orang. Gak percaya?tanyakan saja pada ki Joko Peโ€™Ak ๐Ÿ˜€

Chating lewat facebook atau video call lewat skype mungkin jadi pilihan utama untuk melepas segala kerinduan. Ngobrol via telpon juga ane rasa suatu cara yang bisa memangkas jauhnya jarak yang memisahkan anda dengan seseorang di sana. Sekedar tanya kabar hari ini atau menyampaikan ucapan selamat pagi lewat SMS juga bisa memelihara hubungan anda dengan seseorang. Twitter, Whatsapp, BBM, BBG, BBB adalah opsi lain yang bisa dimaksimalkan. Banyak cara lain yang bisa dilakukan yang tak bisa ane ungkapkan karena ane memang bukan pakar untuk yang begituan. Kalau mau tips2 menjaga hubungan LDR anda tetap baik ketik REG [spasi] LDR kirim ke mana aja boleh ๐Ÿ˜€

Ane sungguh salut dengan orang-orang yang tergabung dalam LDR. Betapa tidak?mereka bisa memelihara hubungan yang terpisah ruang dan waktu sampai berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Kalau bukan karena saling percaya, itu tak akan mungkin terjadi, bukan begitu?Ada satu lagi yang membuat ane salut yaitu kesabaran yang ada pada diri orang-orang yang menjalani LDR. Katanya sabar itu ada batasnya. Namun menurut ane itu tidak berlaku untuk mereka yang menjalani LDR. Kesabaran selalu ada saat menanti waktu yang begitu lama untuk saling menatap wajah. Pertemuan yang begitu didambakan. Kesabaran seperti tanpa batas untuk mereka-mereka itu.

Rasa kangen tak usah ditanya lagi keberadannya. Namun yang terpenting adalah bagaimana mengelola rasa kangen itu dengan baik. Seperti lagu Sheila On 7 di atas cobalah bertahan di sana karena keyakinan akan adanya suatu pertemuan sangatlah kuat. Rasa lelah untuk menunggu memang tak bisa dipungkiri. Namun terpisahnya jarak itu bukan tanpa arah dan tujuan. Banyak yang harus dicari demi kebahagiaan di kehidupan yang akan datang kelak. Ya tentu saja kebahagiaan ketika waktu itu telah tiba. Saat pertemuan itu terjadi kembali. Suatu saat nanti….

Ketika dia tak berada di sini di sampingmu, bukan berarti ia tidak mencintaimu karena di suatu tempat yang jauh di sana ia mendambakan pertemuan itu

Advertisements

4 thoughts on “LDR : Sabar Permanen Lintas Batas

Komentar mereka

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s