TKD 48

Bukan….bukan…Ini bukan semacam girlband. Girlband??? Idol Group kaliii. Hah? ya itulah pokoknya. Tidak tergolong dalam spesies mereka. Gak ada fans-fans cadas dengan lightsticknya. Gak ada teriakan histeris dengan nada berat cowok. Gak ada rok mini, Standmicrophone dengan jumlah tak lazim. Gak ada lagu jepang yang diterjemahkan secara semena-mena ke dalam bahasa indonesia yang mencoba baku. Dan percayalah ini gak pake teknik lipsing.

Lantas makhluk apakah ini?

TKD merupakan kepanjangan dari Tes Kompetensi Dasar. Ini merupakan ujian yang dimaksudkan untuk mengukur kemampuan dasar seseorang khususnya yang pengen masuk jadi PNS. Simpelnya, ini tes masuk CPNS. Jadi, bagi jiwa-jiwa yang ingin mengabdikan dirinya pada negara sebagai seorang PNS kalian harus lulus tes ini. Mungkin passion kalian disini atau mungkin kamu ingin mewujudkan cita-cita orang tuamu dengan menjadi PNS, kamu harus diseleksi dulu. Ikutlah TKD.

Mengenai angka 48 boleh diabaikan.

Soal TKD terdiri dari 3 bagian bray. TWK, TIU, dan TKP

1. TWK ( Tes Wawasan Kebangsaan)

Kamu harus menguasai dan memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan 4 pilar kebangsaan. Apa aja itu? Mereka adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Jadi segala sesuatu yang terkait dengan 4 pilar kebangsaan itu harus dipelajari. Termasuk berkaitan dengan sejarah. Ane lemah sekali untuk yang satu ini.

2.TIU (Tes Intelejensia Umum)

Bagian ini dimaksudkan untuk menilai :

– Kemampuan verbal

– Kemampuan numerik

– Kemampuan berpikir logis

– Kemampuan berpikir analitis

Ini bagian dimana otak harus diajak sedikit lebih berpikir. Di bagian ini kamu akan di perlihatkan berbagai sinonim, antonim, dan penalaran kata. Hitung-menghitung juga jadi sesuatu yang dilakukan untuk menyelesaikan soal. Bukan sembarang hitungan yang dilakukan. Ada semacam penggabungan antara kecepatan menghitungmu dengan kemampuan penalaranmu. Jangan kaget…soal perhitungan yang ada di bagian ini tak selazim soal matematika pada umumnya. Gak selamanya 5+5 hasilnya 10. Bisa jadi hasilnya 1 atau mungkin 52. Bingung? sama kita.

3. TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Pokok-pokok yang dinilai adalah

– Integritas diri

– Semangat berprestasi

– Kreativitas dan inovasi

– Orientasi pada pelayanan

– Orientasi kepada orang lain

– Kemampuan beradaptasi

– Kemampuan mengendalikan diri

– Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas

– Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan

– Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan

– Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Intinya, bagian ini menguji perilaku yang seharusnya dilakukan saat terjun di dunia kerja kelak. Kadang jawaban dari soal yang diberikan gak cocok dengan pilihan yang menurut kita benar. Kita menjawabnya berdasar pada apa yang kita alami sehari-hari dan itu ternyata bukan jawaban yang tepat. Gak cukup mudah untuk bisa menyesuaikannya.

Nah, jadi sebenernya ane bersama temen-temen satu angkatan diwajibkan buat ikut TKD bray. Insya Allah akan diselenggarakan akhir Agustus ini. Walaupun sudah wisuda, ancaman DO masih saja ada. Kalo gak lulus TKD kamu harus keluar entah kemana. Entah itu dibikin biar kita semangat belajar dengan sungguh-sungguh atau bukan yang jelas kata-kata itu bikin ane mules, deg-degan, khawatir. Maka dari itu ane mohon dengan segenap hati, doakan kami biar semua lulus TKD. Tentunya sangat menyenangkan melihat orang lain senang.

Beberapa waktu ke depan ane kayaknya bakalan bermanjaan dengan UUD, pancasila, sejarah, itung-itungan dan sebagainya. Ane harus menggelorakan semangat buat belajar lagi. Seperti saat muda dulu. Ane harus mengasah otak yang sudah mulai berkarat ini. Fokus.

Doakan kami!!! 😀

Advertisements

5 thoughts on “TKD 48

Komentar mereka

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s