Ter-crimping

Tidak pernah terpikir sebelumnya, dunia IT itu seperti apa. Yang ane tahu tentang IT hanyalah sebatas mengetik dan mengklik saja. Orang-orang aneh berkacamata, badan kurus, rambut gak keurus. Eh itu IT bukan yah? hehe. Sebatas itulah persepsi dan pengetahuan ane tentang IT dan orang-orang yang berkecimpung di dalamnya. Dan sekarang ane benar-benar ada di dalamnya. Bekerja dengan dengan orang-orang IT. Tuhan selalu membuat hambanya terkaget-kaget.

Barangkali bukan ane saja yang mengalami ketidaknyambungan antara sekolah dengan tempat kerjanya. Bagaimana bisa lulusan akuntansi masuknya ke IT coba. Gak ada sangkut pautnya kan. Tapi bukankah banyak lulusan teknik peternakan yang masuk ke bank? Ajaib kan.

Sebagai bocah yang boleh dibilang gaptek, ane oneng banget dong disandingkan di depan komputer dan segala hal yang belum pernah ditemui selama kuliah. Gak gaptek2 amat sih kalo disuruh ngetik ya bisa lah ya. Meski menahun. Tapi kalo udah masuk ke bidang teknis, pikiran ane belum sampe kayaknya.  Never ending loading……

Masa ya harus mengutuk keadaan?  Gak keren kalo gak bisa menaklukan tantangan yang ada di depan mata dong.

Sebagai pendahuluan ane disuruh mainan kabel dulu. Ane diajari crimping. Apakah crimping itu? Apa ada hubungannya dengan makanan? Crimping adalah suatu proses yang dilakukan untuk membuat rangkaian kabel menjadi utuh dan sempurna. Singkatnya, crimping itu bikin kabel jaringan.  Sebelum melakukannya kita harus punya alat dan bahan sebagai berikut:

1. Crimping tool/ tang

2. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

3. Konektor kabel RJ 45 (LAN)

4. Tester

Sebenarnya pekerjaannya hanyalah memasang konektor pada kedua ujung kabel. Tapi gak sembarang pasang aja bray. Ada rumusnya. Setelah kabel dikupas kulitnya, isinya jangan dimakan. Perhatikan! didalam kabel UTP ada kabel-kabel kecil berwarna-warni yang menyusunnya. Jumlahnya ada delapan. Nah kita harus menyusunnya dari kiri ke kanan dengan urutan:

Putih orange, Orange, Putih hijau, Biru, Putihbiru, Hijau, Putih cokelat, cokelat…

Ujung yang satunya juga harus pake rumus juga. Ada dua tipe

1. Tipe straight

Warna ujung yang satunya sama dari kiri ke kanan. Biasanya tipe ini diganakan untuk menghubungkan komputer dengan hub/ switch.

2. Tipe cross

Ada sedikit pengubahan urutan warna dari ujung satunya.  Kabel 1 bertukar tempat dengan kabel 3 dan kabel 2 bertukar tempat dengan kabel 6Urutannya kurang lebih  seperti ini:

Putih hijau, hijau, putih orange, putih biru, biru, orange, putih coklat, coklat.

Jika yakin urutan sudah benar, masukkan ke konektor/ kepala RJ 45 dengan hati-hati jangan sampe urutannya acak-acakan lagi. Kepala yang sudah tersambung dengan kabel kemudian jepit pake crimping tool/tang supaya kabel-kabel itu terkunci dengan konektor. Pastikan bahwa urutan warna telah tersusun dengan benar karena konektor tidak bisa dilepaskan dari kabel yang sudah tercrimping. Jadi kalo salah ya harus potong kabelnya, konektornya gak bisa dilepas.

Setelah kabel terpasang saatnya melakukan tes. Masukkan kedua ujung kabel ke tester. Kemudian tekan tombol on pada tester. Secara otomatis lampu yang ada di tester dari 1 sampai 8 akan menyala secara bergiliran sesuai dengan pasangan kabel dari ujung satu ke ujung satunya lagi. Ini tandanya kabel jaringan telah terpasang dengan benar. Namun kalo ada salah satu atau lebih lampu tester tidak menyala maka ada yang salah. Bisa jadi susunannya, bisa juga kabelnya tidak menyentuh ujung konektor secara penuh.

Beh udah kayak apa aja ngasih tutorial gini.Padahal ane sendiri masih terbata-bata kalo disuruh praktekin.  hahaha

Tapi itulah sedikit yang ane dapat dari tempat kerjaan ane. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Mudah-mudahan pekerjaan yang ane dapet menjadi pekerjaan yang menyenangkan dan berkah. Dengan konsep crimping tadi, semoga kita tidak hanya bisa mengkoneksikan perangkat-perangkat dengan kabel, tetapi juga bisa mengkoneksikan hati kita dengan Tuhan dan sesama manusia.

Advertisements

2 thoughts on “Ter-crimping

Komentar mereka

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s